Presentasi imunisasi

Sabtu, 06 November 2010
5 november 2010
barusan aja.. aku presentasi.... berkaitan tentang "IMUNISASI".
sudah banyak yang aku peroleh dari berbagai media, walau pun aku berkutat pada beberapa jenis buku dan ngak salah lagi melototin notebook ku, tuk menggali lebih dalam materi ku hARI inii... presntasi jm 11.00 WIB, tepatnya saat itu aku mata kuliah neonatus, dosen luar yang mengajar, ku tampilkan slideku one by one... teman-temanku hanya tertegun, mungkin belum mengerti benar akan imunisasi ini, selesai penyajian makalah,ni isinya :

A. Imunisasi dasar
a. Jenis imunisasi dasar wajib
Bedasarkan program pengembangan ikatan dokter anak Indonesia ( IDAI ). Program pengembangan imunisasi (PPI) yang di wajibkan dan program imunisasi non PPI yang di anjurkan. Wajib jaka kejadian penyakitnya cukup tinggi dan menimbulkan cacat atau kematian. Sedangkan imunisasi yang di anjurkan untuk penyakit-penyakit khusus yang biasanya tidak seberat kelompok pertama jenis imunisasi wajib terdiri dari :
1. BCG ( bacilli calmatte geurin )
Imunisasi BCG berguna untuk mencegah penyakit tuberculosis berat. Misalnya, TB paru berat. Imunisasi ini sebaiknya di berikan sebelum bayi berusia 2-3 bulan, dosis untuk bayi kurang setahun adalah 0.05 ml dan anak 0,10 ml di suntikan secara intra dermal dibawah lengan kanan atas. BCG tidak menyebabkan demam. Tidak di anjurkan BCG ulangan. Suntikan BCG akan meninggal kan jaringan parut pada bekas suntikan. BCG tidak dapat diberikan pada pasien yang mengidap leukemia, dalam pengobatan steroid jangka panjang, atau pengidap HIV. Apabila BCG diberikan pada usia lebih dari 3 bulan, sebaiknya di lakukan uji tuberculin terlebih dahulu.
2. Hepatitis B
Imunisasi hepatitis B diberikan sedini mungkin setelah lahir. Pemberian imunisasi hepatitis B pada bayi baru lahir harus berdasarkan apakah ibu mengandung virus hepatitis B aktif atau tidak pada saat melahirkan. Ulangan pada imunisasi pada hepatitis B dapat di pertimbangkan pada umur 10-12 Tahun. Apabila sampai usia 5 tahun anak belum pernah memperoleh imunisasi hepatitis B maka di berikan secepat nya. Penyakit ini dapat di temukan diseluruh dunia yang di sebabkan oleh virus hepatitis B. penyakit ini sangat menular yang di sebabkan virus yang menimbulkan peradangan pada hati. Pada bayi respon imun alami tidak dapat membersihkan virus dalam tubuh. Kurang lebih 90% bayi dan 5% orng dawasa akan terus membawa virus ini dalam tubuhnya setelah masa akut penyakit ini berakhir.
Seorang wanita hamil membawa penyakit hepatitis B atau menderita penyakit itu selama kehamilanya, maka ia dapat menularkan penyakit itu pada anak nya. Paling tidak 3,9% ibu hamil merupakan pengidap hepatitis dengan resiko trasmisi meternal kurang lebih sebesar 45%. Karena itu vaksinasi hepatitis B merupakan cara terbaik untuk memastikan bayi terlindung dari hepatitis B. jika tidak di lakukan, hati akan mengeras dan menimbul kan kangker hati di kemudian hari.
3. DPT ( Difteri, pertusis , Tetanus )
Imunisasi DPT untuk mencegah dari 3 penyakit, yaitu defter, partusis, tetanus. Difteri di sebabkan oleh bakteri corynebacteriumdiphteriae yang sangat menular. Dimulai dengan gangguan tenggorokkan dan dengan cepat di timbulkan dengan gangguan pernafasan dengan terlambatnya saluran pernafasan oleh karena terjadi selaput di tenggorokkan dan menyumbat jalan napas, sehingga dapat menyebabkan kematian. Selain itu juga menimbulkan toksin atau racun yang berbahaya untuk jantung. Batuk rajen yang juga di kenal pertusis atau batuk 100 hari di sebabkan bakteri bordetella pertussis. Penyakit ini membuat penderita mengalami batuk keras secara terus menerus dan bias berakibat gangguan pernapasan dan saraf. “bila dibiarkan berlarut-larut, pertussis bias menyebabkan infeksi di paru-paru”. Selain itu karena si penderita mengalami batuk keras secara terus menerus, membuata ada tekanan pada pembuluh darah sehingga dapat mengakibatkan kerusakkan otak.
Tetanus merupakan penyakit infeksi mendadak yang di sebabkan oleh toksin dari clostridium tetani, bakteri yang terdapat di tanah atau kotoran binatang dan manusia. Kuman-kuman itu masuk kedalam tubuh melalui luka goresan atau luka bakar jyang telah terkontaminasi oleh tanah, atau dari gigi yang telah busuk atau dari cairan congek. Luka kecil yang terjadi pada anak-anak pada saat bermain dapat terinfeksi kuman ini. Apabiala tidak dirawat penyakit ini dapat mengakibatkan kejang dan kematian. Manusia tidak mempunyai kekebalan alami terhadap tetanus sehingga perlindungan nya harus di peroleh lewat imunisasi.
a. BCG untuk mencegah penyakit TBC
b. DPT, untuk mencegah penyaki-penyakit dipheri, partusis dan tetanus.
c. Polio, untuk mencegah penyakit poliomilitis
d. Campak, untuk mancegah penyakit campak ( measles)
Imunisasi pada ibu hamil dan calon pengantin adalah imunisasi tetanus toxid.
Imunisasi ini untuk mencegah terjadinya tetanus pada bayi yang di lahirkan.

lanjutt.....
moderator pun memberikan jalan untuk audience yang ingin bertanya... cah, hanya satu pertanyaan dr sekian 52 temanku disiang itu, walaupun pertanyaannya bertubi-tubi tapi aku bener2 ngak puas.. what happen teman.. !!!!aku udah persiapin ini jauh2 hari.. untuk membadrol dan memuntahkan pertanyaan2 kalian, kenapa hanya 1 yang bertanya.... lagi2 tentang TT(tetanus Toxoid) tu materi kan udah kelar,, ne masalahnya imunisasi yang dianjur kan.... hah betapa kecewa nya ku, padahal aku hoby skali bertanya pada mereka saat mereka presentasiii.. aku belum merasa pintar buat semua ini.. gara2 ngak ada lagi pertanyaan... Ngemplung lah 1 pertanyaan dr Dosen kami,, "KENAPA VAKSIN TT DIBERIKAN PADA CALON PENGANTIN??? hemm... kali ini bukan aku yang jawab,, dengan berbisik ku lontarkan kata hati ku kepada teman sebelahku.. kalo vaksin yang diberikan itu sebagai perlindungan, buat perempuan, dimana ia akan menjadi calon ibu yang mengandung(HAMIL), dimana bila vaksin ini diberikan, diharapkan bayi akan terhindar dari yang namanya penyakit TETANUS NEONATORUM.., Persis jawaban ku.. temanku menjawab.. yah lumayan 80 untuknya,, kira2 aku dapat ngak nilai nee,,,,wahh wahhh!!!


sembari tak ada pertanyaan lagi,, dosen ku bergumam... yah makalahnya bagus,, banyak ngambil di internet ya..... waduuuhh(hati kecilku bilang) kok ketahuan... hahahaha!!! emang sebagian ada ku rangkum kan dari BUKU IMUNISASI IDAI, dan separuh laggi dari internet.....hehehe,, maklumm... !!! yah lumayan lah,, semoga nilainya bagus.. deh!!!

0 komentar: