KATAKAN TIDAK PADA JERAWAT

Rabu, 28 September 2011
JERAWAT (ACNE)



Acne atau obat jerawat adalah kondisi kulit yang tidak normal disebabkan gangguan dari kelenjar minyak (sebaceous gland) yang berlebihan. Pengeluaran kelenjar minyak yang berlebihan ini atau sebaceous gland akan menyebabkan penyumbatan pada saluran folikel rambut dan pada pori-pori kulit. Seringkali Jerawat akan menyebabkan kulit membengkak dan menjadi kemerah-merahan. Radang pada kulit ini disebabkan oleh pengeluaran yang berlebihan oleh kelenjar minyak pada kulit atau sebum yang kemudian menyumbat saluran kelenjar dan membentuk komedo (whiteheads) dan seborhoea.Kalau penyumbatan yang disebabkan oleh kelenjar minyak kulit ini semakin membesar maka komedo akan terbukan (blackheads) dan ini mudah dijankiti bakteria.Daerah yang mudah terkena jerawat ialah di muka, dada, punggung dan tubuh bagian atas lengan.Munculnya jerawat sering terjadi pada masa pubertas antara usia 14-19 tahun yang disebabkan oleh perubahan hormon pada remaja. Deteksi jerawat sejak dini sangat sulit sebab sebelum masa pubertas kulit anak akan mengalami pengelupasan tiga minggu sekali. Sedangkan ketika remaja, kulit mengelupas empat minggu sekali.



PENYEBAB JERAWAT


Penyebab sebenarnya mengapa seseorang mempunyai jerawat dan yang lain tidak punya masih belum diketahui secara menyeluruh. Beberapa faktor yang menyebabkan jerawat ialah:



    * Stres
    * Keturunan dari orangtua
    *
Aktivitas hormon.Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat  dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
    * Kelenjar minyak yang hiperaktif
    * Bakteri di pori-pori kulit
    * Iritasi kulit atau karena garukan

    *
Anabolic steroid
    *
Pil pengontrol kelahiran / pil KB, namun banyak wanita mengalami penurunan munculnya jerawat semasa pemakaian pil
    *
Berada dalam lingkungan dengan kadar chlorine yang tinggi, terutama chlorinated dioxins, yang menyebabkan jerawat serius yang disebut Chloracne




PENGOBATAN UNTUK JERAWAT


OBAT-OBAT TOPICAL


1.    Benzoil peroxide
benzoil peroxide merupakan antimikroba yang efektif untuk jenis jerawat ringan sampai sedang. Diberikan sehari 1 – 2 kali secara topical (pemakaian luar).
2.    Asam azelaic
sebagai antimikroba untuk acne vulgaris.
3.    Klindamisin
Klindamisin dalam bentuk cair, gel, krim atau oral efektif untuk jerawat dengan peradangan. Memiliki efek antibakteri yang efektif terhadap kuman Propionibacterium acnes, sehingga sesuai dengan indikasinya untuk pengobatan jerawat.
4.    Tretinoin
tretinoin adalah asam vitamin A yang digunakan untuk pengobatan jerawat dengan komedo tertutup atau terbuka. Tetapi pasien perlu hati-hati karena menimbulkan kemerahan dan pengelupasan kulit pada awal terapi. Tersedia dalam bentuk topical ataupun oral.
5.    Asam salisilat, Resorsinol dan Sulfur.
Asam salisilat, resorsinol dan sulfur adalah keratolitik dan mempunyai daya antiseptik. Kombinasi ketiga obat ini sangat sinergis untuk pengobatan jerawat.



OBAT-OBAT ORAL



•    ANTIBIOTIKA ORAL

Antibiotika oral efektif dan relative aman untuk jerawat dengan peradangan.Tetrasiklin dan derivatnya, klindamisin, eritromisin dan trimetoprim-sulfametoksasol mengurangi persentase asam lemak bebas di permukaan kulit yang berlemak dan menurunkan jumlah bakteri P. acnes



•    KONTRASEPSI ORAL
Ortho Tri cyclen telah disetujui oleh FDA untuk jerawat yang tidak menghasilkan respon dengan pemakaian obat topical. Produk trifasik yang mengandung etinil estradiol 0,035 mg, dan meningkatkan dosis norestimate, 0.180, 0.215, 0.250 mg. kombinasi tersebut meningkatkan sex hormone-binding globulin (SHBG)



•    ISOTRETINOIN
Isotretinoin menurunkan produksi sebum dan menghambat peradangan.


Beberapa cara mencegah jerawat :



1 Rajin mencuci muka. Tapi jangan asal cuci muka. Basuh juga bagian leher dan jidat setidaknya 2 kali seminggu. Pijat wajah Anda dengan gerakan memutar dan basuh menggunakan air hangat.
2 Tambahkan juga obat jerawat. Anda mungkin harus mencoba beberapa macam obat sebelum akhirnya menemukan produk yang cocok dengan kulit wajah. Biasanya produk ini dipasarkan dengan kemasan dan harga yang berfariasi. Ingat! Mahal tak menjamin produk tersebut cocok dan bisa mengatasi masalah jerawat Anda.
3 Berhati-hati dengan penggunaan produk kecantikan. Hanya gunakan make-up, pelembab atau tabir matahari hanya yang tanpa minyak. Biasanya jika tertulis “nonacnegenic” atau “noncomedogenic” di label keterangan, produk tersebut lebih baik.
4 Saat mengenakan produk untuk rambut, usahakan jangan sampai kena ke wajah. Tutupi wajah Anda dengan handuk saat menggunakan minyak rambut, hairspray atau mousse. Setelah selesai mandi, jangan lupa kembali bilas wajah Anda untuk menghilangkan kemungkinan bekas shampo atau conditioner tertinggal di wajah.
5 Jangan sampai keringat, bakteri dan kotoran menempel di wajah. ikat rambut anda saat panas dan hindari memakai topi dan kaca mata.
6 Sebaiknya Anda coba temui dokter ahli. kulit jika jerawat Anda mulai mempengaruhi percaya diri Anda. Dokter bisa memberikan saran obat terbaik dan bagaimana pemakaian paling efektik.
7 Ubah pola diet Anda. Makan coklat, permen dan makanan berminyak dapat merubah gestur kulit Anda. Batasi asupan junk food, dapatkan lebih banyak vitamin dan ganti lifestyle Anda agar lebih sehat. tidur yang teratur, dan jangan biarkan tubuh kekurangan cairan.







































































































































0 komentar: